Posted by: Embun Media & Florist | 16 January, 2011

Khasiat Daun Pohon Tin

image by pohontin.wordpress.com

Daun Pohon Tin, image by pohontin.wordpress.com

Berurine dan bangun dari duduk adalah aktivitas yang menyiksa Tjawa Noor Cholis. Setiap kali bangkit usai duduk, ia merasakan nyeri pinggang bukan kepalang. Ketika berkemih penderitaan itu kembali terulang. ‘Sangat menyiksa,’ ujarnya. Setelah rutin mengkonsumsi rebusan daun tin, penderitaan panjang sejak 2000 itu berakhir.

Beberapa koleganya mengatakan penyakit yang diidap Tjawa Noor Cholis kemungkinan kencing batu. Keruan saja kepala sekolah di Karawang, Jawa Barat, itu gelisah. Oleh karena itu ia bergegas ke dokter. Hasil diagnosis ahli medis itu menunjukkan Tjawa memang positif mengidap batu ginjal. Dokter yang menanganinya menyarankan agar Tjawa menjalani operasi. Namun, anjuran itu ditolak. ‘Saya takut menjalani operasi. Kalau bisa pakai herbal saja,’ katanya.

Pria 60 tahun itu memilih herbal untuk mengatasi gangguan kesehatan itu. Ia mengkonsumsi rebusan daun kumis kucing, keji beling, dan akar alang-alang. Ia menyaring rebusan itu dan meminumnya 3 kali sehari masing-masing segelas. Sayang, kesembuhan yang ia harapkan belum tergapai meski telah mengkonsumsi rebusan herbal itu selama 1 bulan. Mungkin lantaran singkatnya waktu mengkonsumsi sehingga efek herbal kurang signifikan.

Diuretik

Karena tak kunjung sembuh ia tetap mengunjungi dokter untuk mendapat suntikan di pinggang. Usai mendapat suntikan, nyeri memang hilang. Namun, cuma sesaat. Beberapa hari berselang nyeri kembali meradang. Begitu terus berulang-ulang. Pada 2002 ia merasakan nyeri pinggang dan di bagian bawah perut ketika tak mampu berkemih. Saat itulah tetangganya menyodorkan hasil rebusan daun tin.

Ia tak berpikir panjang dan langsung mengkonsumsinya. Tetangganya mendapatkan minuman itu dari kerabat yang bekerja di Jeddah, Arab Saudi. Tjawa meminum habis sebotol rebusan daun tin bervolume 600 ml. Keesokan harinya, ia merasakan sesuatu keluar bersama urinenya. Ia mengambil benda seukuran biji pepaya itu, ternyata sebuah batu bergerigi dan berwarna kelabu. Ketika batu itu keluar, Tjawa merasakan sakit luar biasa. Namun, setelah itu ia lancar berurine dan nyeri di pinggang berkurang.

Menurut dr Ahmad Bi Utomo, Sp.BU, direktur Rumah Sakit Umum Islam Kustati Solo, agar batu ginjal dapat keluar bersama urine maka ukuran batu tidak lebih besar daripada saluran kencing, kira-kira berdiameter 0,4-0,5 cm. Dokter spesialis bedah urologi alumnus Universitas Airlangga itu menuturkan proses penge luaran batu dapat dibantu dengan memberikan obat-obatan yang bersifat diuretik alias peluruh urine.

Sejak merasakan khasiat daun tin Ficus carica, keponakan Tjawa, Wawan Syarief, memburu bibit tanaman purba itu dan membudidayakannya. Wawan rutin membawakannya beberapa lembar daun tin setiap hari. Tak puas hanya dibawakan daunnya saja, Tjawa akhirnya menanam pohon tin di halaman rumah. Kini pohon itu setinggi 1,5 m dan tumbuh subur. Tjawa semakin mudah memperoleh daun tin untuk mengatasi batu ginjal.

Teh Daun Tin / Ara / Figs

Untuk membuat ramuan, Tjawa memetik tujuh lembar daun tin berumur sedang. Teksturnya kasar. Setelah mencucinya, pria kelahiran Karawang, 17 Oktober 1948 itu merebusnya dalam tiga gelas air sampai mendidih dan tersisa dua gelas. Rebusan itulah yang diminum Tjawa 2 kali sehari, pagi setelah bangun tidur dan malam sebelum tidur. Rasanya tawar dan tidak beraroma. ‘Setelah kerja berat, minum rebusan daun tin jadi segar,’ ujar Tjawa.

Pada 2005 batu ginjalnya kembali keluar. Sejak rutin mengkonsumsi rebusan daun tin, Tjawa bisa merasakan batu turun dari pinggang kanan dan kiri. Ukurannya lebih kecil ketimbang batu yang keluar 3 tahun sebelumnya. ‘Dulu tak bisa kencing, rasanya sakit sekali. Tidur tidak nyaman dan duduk lama-lama tidak enak. Sekarang sudah tak masalah lagi duduk lama-lama, kerja sampai jam 2 pagi pun kuat,’ ujarnya.

Berdarah

Menurut dr Sidi Aritjahja, dokter sekaligus herbalis, di Yogyakarta, pemicu batu ginjal adalah konsumsi makanan atau minuman yang bersifat asam dan infeksi saluran kencing. Calculi alias batu adalah kristal keras kecil yang menggumpal di dalam cairan tubuh, seperti air kemih. Batu mengendap dalam ginjal dan saluran kemih. Jika batu keluar melalui saluran kemih, menimbulkan rasa sakit luar biasa. Bila dipaksakan bisa melukai saluran kemih sehingga urine berdarah.

Cara termudah untuk mencegahnya adalah dengan banyak minum air putih. Garam-garam pembentuk batu ginjal bisa terkikis dan tidak terjadi pengendapan sehingga garam bisa terbawa bersama urine. ‘Jangan hanya minum saat kita merasa haus. Haus sebenarnya tanda bahwa tubuh kita sudah mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi,’ kata dokter alumnus Universitas Gadjah Mada itu.

Teh dari Daun Tin Kering

Mengapa daun tin ampuh mengatasi batu ginjal?

Menurut Sidi daun tin mengandung alkaloid dan saponin yang bermanfaat sebagai diuretik serta memperbaiki metabolisme protein dan lemak. Daun tanaman anggota famili Moraceae itu mengandung senyawa flavonoid terutama quecertin dan luteolin. Keduanya senyawa antiradang dan antioksidan. Khusus luteolin berkhasiat membantu proses metabolisme karbohidrat dan meningkatkan sistem imun.

Kandungan senyawa diuretik itulah yang membantu menggerus batu yang mengendap di saluran kemih dan ginjal sehingga bisa terbawa saat berurine. Sedangkan senyawa antiradang mengurangi rasa nyeri. Pantas nyeri pinggang yang dirasakan Tjawa berkurang setelah ia rutin mengkonsumsi rebusan daun tin. Selain mengobati kencing batu, daun tin bisa memberikan kebugaran seperti yang dialami Tjawa.

Trubus Edisi “Daun Tin Gembur Batu Ginjal”

Dikutip dari Majalah Trubus
ditulis oleh Ari Chaidir

Pelajari juga berbagai sumber berikut ini: 

Catatan redaksi: Artikel-artikel di atas dan juga isi web ini disusun oleh team Redaksi IFG (Indonesia Figs Garden), kami sangat menghargai jika Anda meminta izin terlebih dahulu jika hendak menyebarluaskan isi blog ini. Tindakan menyebarkan isi blog ini tanpa izin terlebih untuk tujuan komersil kembali adalah tindakan yang tidak bijak & tidak berkah… Mari kita mulai menghargai kerja keras orang lain. Terima kasih atas segala kepercayaannya.

——————————–


Note:

  • Kami Menjual Herbal Daun Pohon Buah Tin (Figs/Ara)

  • Bagi yang berminat dikirimi daftar varietas pohon tin beserta harga dan gambar2nya, silakan kirim PM lewat email kami di pohontin@gmail.com

Terima kasih dan
Salam Hormat Kami,


Indonesia Figs Garden
Jakarta & Bandung

Nomor telp:
About these ads

Responses

  1. buah tin itu masak, jangka waktu berapa lama sejak bakal buah muncul…

    bagaimana menangani media tanam yang menjadi sarang semut, sebabnya apa trus bagaimana?

    terima kasih

    • @Dona^^, buah tin / buah ara akan masak kira-kira dua bulan sejak bakal buah muncul. Buah semakin lama masak bila proses fotosintesis dan fisiologis tanaman terganggu. Seperti kurangnya pasokan sinar matahari karena peletakan tanaman yang kurang tepat; atau serangan hama pada daun, batang atau akar; atau kekeringan (kekurangan air) atau becek (kelebihan air) pada media tanam.

      Lalu untuk permasalahan tanah yang menjadi sarang semut; apabila pohon tin tersebut ditanam di pot (tabulampot), kemungkinan besar kasus ini disebabkan penggunaan media tanam yang kurang tepat. Solusinya ganti media tanam (repotting) seluruhnya.

      Cara mudah repotting pohon tin:
      Lepaskan dengan hati-hati pohon tin yang masih terikat tanah tersebut dari pot / polybagnya. Lalu celup-celupkan pada ember yang sudah terisi air secukupnya; hingga tanah tersebut luruh oleh air. Selanjutnya tanam kembali pohon tin tersebut pada pot / polybag. Ps: lakukan kegiatan ini di tempat yang rindang / sejuk. Guna menghindari stress tanaman yang berlebihan terlebih ketika matahari terik.

      Hal penting yang perlu dilakukan adalah gunakan komposisi media tanam yang ideal untuk pohon tin. Tujuan kita adalah meniru / membuat mirip media tanam seperti pada habitat aslinya yang porous. Gunakan sekam & pupuk kandang & tanah* dengan perbandingan 1:1:1.

      *) Kami tidak menganjurkan menggunakan tanah yg belum matang/steril untuk penanaman tin di pot, hal ini dikarenakan tanah tsb belum tentu steril dan aman dari ancaman organisme seperti cacing, yang mana seringkali malah membuat media tanam menjadi gembur+becek. Sedangkan media tanam yg dibutuhkan tin adalah yg porous & tdk becek. Jadi penting utk menggunakan tanah yg steril dari cacing.

      Untuk informasi dan pemesanan pohon tin, silakan hubungi kami di: 021-5036 3366 / HP. 0852-30788-450

  2. berjuta khasiat buah tin!

  3. Mohon Email Macam2 / Jenis pohon tin, terima kasih

  4. [...] DAUN pohon tin / ara dapat menurunkan tingkat trigliserida, yang merupakan satu bentuk lemak yang ditemukan dalam aliran darah. Oleh karena itu, setelah meminum teh daun tin badan akan mendapat efek lebih segar. [...]

  5. mhn mav,sy mw mnta price list bibit tin
    mksh


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 32 other followers

%d bloggers like this: